Kami Dari "Pelajar Indonesia Kreatif" Mungucapkan Minal 'Aidin wal-Faizin (من العائدين والفائزين)Mohon Maaf Lahir‬ dan Batin

Manfaat Membaca Buku Bagi Pelajar



Membaca...??? Dengar kata itu pasti orang sudah tau, namun malas melakukan-Nya. Dengan manfaat yang banyak, orang malas membaca buku, karena sudah ketinggalan jaman, Mengapa...??? Karena sekarang jaman semakin cangih dengan adanya IT atau Information Technology (Teknologi Informasi) orang lebih suka membaca lewat internet atau sekedar mencari wawasan dari teknologi tersebut. Fungsi membaca adalah melatih otak kita untuk memusatkan pikiran. Otak kita diajak untuk memperhatikan kata demi kata yang ada pada teks bacaan tersebut. Karena kalau kita kehilangan bebeapa kata atau kalimat saja bisa jadi kita tidak akan bisa menangkap keseluruhan maksud dari kalimat yang ada dalam buku bacaan tersebut.

Nah disekolahku, Sekolah MTs Nurul Huda Sedati, ada kegiatan membaca/Gemar Membaca yang dilakukan oleh pihak sekolah agar siswa Gemar Membaca. Gemar Membaca ini dilakukan setelah jam istirahat selesai dan tugas siswa adalah membaca buku tersebut dan setelah membaca siswa harus mencari ide pokok/pokok paragraf dari buku bacaan tersebut.

Kita tahu bahwa buku adalah jendela dunia, untuk mengetahu isi sebuah buku kita perlu memiliki kemampuan membaca. Banyak sekali manfaat yang akan didapat dengan membaca. Manfaat dari membaca untuk kita adalah :

  1. Membaca membatu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  2. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  3. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
  4. Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat.
  5. Membaca dapat meningkatkan memori pada otak kita.
  6. Membaca dapat meningkatkan kedisplinan dalam sehari-hari.
  7. Membaca dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada pikiran.
  8. Membaca dapat meningkatkan kretivitas

Membaca banyak manfaatnyakan....
Untuk itu kita harus membaca agar meningkatkan penggetahuan seorang dan dan meningkatkan memori dan pemahaman

5 komentar: